Minggu, 04 April 2010

Fakta Tentang Sel





Sel adalah unit dasar kehidupan. Apakah mereka akan uniseluler atau multiseluler bentuk kehidupan, semua organisme hidup terdiri dari dan tergantung pada sel-sel berfungsi secara normal. Para ilmuwan memperkirakan bahwa tubuh kita di manapun mengandung 75-100 triliun sel. Sel melakukan segalanya dari memberikan struktur dan stabilitas untuk menyediakan energi dan sarana reproduksi untuk suatu organisme. Berikut 10 fakta tentang sel akan memberi Anda terkenal dan mungkin sedikit dikenal tidbits informasi tentang sel.
1. Sel yang terlalu kecil untuk dilihat tanpa perbesaran.
Rentang sel ukuran 1-100 mikrometer. Studi sel, juga disebut biologi sel, tidak akan mungkin terjadi tanpa penemuan mikroskop. Dengan kemajuan zaman sekarang mikroskop seperti Scanning Electron Microscope dan Transmission Electron Microscope, ahli biologi sel dapat memperoleh gambaran rinci dari struktur sel terkecil.
2. Ada dua tipe utama sel.
Eukariotik dan sel prokariotik adalah dua tipe utama sel. Sel eukariotik disebut demikian karena mereka mempunyai inti sejati. Hewan, tumbuhan, jamur dan protista adalah contoh organisme yang terdiri dari sel-sel eukariotik. Prokariota termasuk bakteri dan archaeans.
3. Prokariotik organisme bersel tunggal yang paling awal dan paling primitif bentuk kehidupan di bumi.
Prokariota dapat hidup dalam lingkungan yang akan mematikan bagi kebanyakan organisme lain. Mereka mampu hidup dan berkembang dalam berbagai habitat ekstrem. Archaeans misalnya, tinggal di daerah-daerah seperti hidrotermal vents, air panas, rawa-rawa, lahan basah, dan bahkan usus binatang.
4. Ada lebih banyak sel-sel bakteri di dalam tubuh dari sel-sel manusia.
Para ilmuwan telah memperkirakan bahwa sekitar 95% dari semua sel dalam tubuh bakteri. Sebagian besar mikroba ini dapat ditemukan di dalam saluran digetive.
5. Sel mengandung materi genetik.
Sel mengandung DNA (asam deoksiribonukleat), informasi genetik yang diperlukan untuk mengarahkan kegiatan selular. DNA adalah sejenis molekul yang dikenal sebagai asam nukleat. Pada sel prokariotik, single molekul DNA bakteri tidak terpisah dari sisa sel, tetapi melingkar di sebuah daerah yang disebut sitoplasma nucleoid daerah. Dalam sel eukariotik, molekul DNA terletak di dalam inti sel. DNA dan protein merupakan komponen utama kromosom. Sel manusia mengandung 23 pasang kromosom (untuk total 46). Ada 22 pasang autosom (non-seks kromosom) dan sepasang kromosom seks. X dan Y menentukan jenis kelamin kromosom seks.
6. Sel mengandung struktur yang disebut organel yang melaksanakan fungsi-fungsi tertentu.
Organel memiliki berbagai tanggung jawab dalam sel yang meliputi segala sesuatu dari penyediaan energi untuk memproduksi hormon dan enzim. Sel-sel eukariotik mengandung beberapa jenis organel, sementara sel-sel prokariotik mengandung beberapa organel (ribosom) dan tidak ada yang terikat oleh membran. Ada juga perbedaan antara jenis-jenis organel yang ditemukan dalam berbagai jenis sel eukariotik. Sel tumbuhan misalnya, berisi struktur seperti dinding sel dan kloroplas yang tidak ditemukan pada sel hewan. Contoh lain dari organel meliputi:
* Inti
* Mitokondria
* Retikulum endoplasma
* Golgi Complex
* Ribosom
7. Berbagai jenis sel bereproduksi melalui metode yang berbeda.
Kebanyakan sel prokariotik mereproduksi oleh suatu proses yang disebut pembelahan biner. Ini adalah jenis proses kloning di mana dua sel identik berasal dari satu sel. Organisme eukariotik memiliki sejenis metode reproduksi yang dikenal sebagai mitosis. Beberapa eukariota juga memiliki kemampuan untuk bereproduksi secara seksual, yang melibatkan fusi sel kelamin atau gamet. Gamet yang dihasilkan oleh proses yang disebut meiosis.
8. Kelompok bentuk sel serupa jaringan.
Jaringan adalah kelompok sel dengan baik bersama struktur dan fungsi. Sel-sel yang membentuk jaringan hewan kadang-kadang dijalin bersama dengan serat ekstraselular dan kadang-kadang diadakan bersama oleh zat lengket yang melapisi sel. Jenis jaringan juga bisa diatur bersama untuk membentuk organ. Kelompok organ pada gilirannya dapat membentuk sistem organ.
9. Sel memiliki rentang hidup yang berbeda-beda.
Sel dalam tubuh manusia mempunyai rentang kehidupan yang berbeda berdasarkan jenis dan fungsi sel. Mereka dapat hidup di mana saja dari beberapa hari sampai satu tahun. Sel-sel tertentu dari saluran pencernaan hanya hidup selama beberapa hari, sementara beberapa sel sistem kekebalan tubuh dapat hidup sampai enam minggu. Sel-sel pankreas dapat hidup selama setahun.
10. Sel bunuh diri.
Ketika sebuah sel menjadi rusak atau mengalami infeksi beberapa jenis, itu menghancurkan Will Self oleh proses yang disebut apoptosis. Apoptosis bekerja untuk memastikan pembangunan dan untuk menjaga proses alami tubuh mitosis di cek. Sebuah sel ketidakmampuan untuk menjalani apoptosis dapat mengakibatkan perkembangan kanker.


Sumber :
http://biologi.fsaintek.unair.ac.id/?p=210
25 Maret 2010

Sumber Gambar:
http://www.enchantedlearning.com/subjects/plants/cell/anatomy.GIF
http://www.cartage.org.lb/en/themes/Sciences/Zoology/AnimalPhysiology/Anatomy/AnimalCellStructure/animalheader.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar