Minggu, 04 April 2010

Indonesia Science Project Olympiad : Biologi

PEMANASAN GLOBAL


Pemanasan global adalah meningkatnya suhu di permukaan bumi . Peningkatan suhu di permukaan bumi menyebabkan naiknya permukaan laut dan diperkirakan juga dapat menyebabkan perubahan cuaca yang sangat ekstrim. Selain itu pemanasan global juga dapat mengganggu lahan pertanian, jalur perdagangan, mencairnya kutub, kepunahan berbagai jenis spesies dan meningkatkan factor pembawa penyakit.


BIOTEKNOLOGI

Bioteknologi adalah teknologi yang merupakan aplikasi bidang biologi terutama dalam bidang pertanian, makanan, atau bidang kedokteran dan obat-obatan. Bioteknologi melibatkan organisme hidup untuk membuat suatu produk dengan tujuan tertentu. Seluruh makhluk hidup terdiri dari sel sel yang fungsinya identik dengan mesin. Dengan revolusi bioteknologi tersebut scientist dapat melakukan hal-hal seperti membuat tanaman transgenic, membuat obat dengan pemanfaatan bakteri dan masih banyak lagi. 

BIOGAS

Biogas  adalah sumber energy alternatif yang berupa gas yang dihasilkan oleh aktifitas anaerobik atau fermentasi dari bahan-bahan organik termasuk diantaranya; kotoran manusia dan hewan, limbah domestik (rumah tangga), sampah biodegradable atau setiap limbah organik yang biodegradable dalam kondisi anaerobik. Kandungan utama dalam biogas adalah metana dan karbon dioksida.

PROTEIN SEL TUNGGAL

Protein Sel Tunggal adalah suatu protein yang diperoleh dari hasil kultur alga, yeast ataupun bakteri. Protein Sel Tunggal biasanya digunakan untuk menggantikan makanan yang mengandung protein tinggi.

KULTUR JARINGAN

Kultur jaringan merupakan suatu teknik pengembangbiakan sel atau jaringan di luar organism yang bersangkutan. Biasanya kultur jaringan menggunakan medium cair, semi padat dan padat seperti agar. Kultur jaringan bisa dilakukan pada sel atau jaringan hewan, dan juga pada tanaman tertentu.

BIOLOGI TANAMAN

Tanaman mempunyai beragam strategi untuk mempertahankan dirinya agar tetap hidup. Misalnya berapa banyak serangga atau hewan yang diperlukan tanaman untuk melakukan penyerbukan. Dan berapa macam cara yang yang dilakukan agar penyerbukan tersebut dapat berhasil. Di sisi lain tanaman juga menarik perhatian lebih diteliti guna menghasilkan suatu produk yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia.

ZOOLOGY

Zoology merupakan ilmu yang mempelajari tentang hewan. Banyak sekali hal hal menarik yang dapat dipelajari tentang hewan, terutama peranan hewan dalam membantu tanaman dalam penyerbukan, tingkah laku binatang ataupun mekanisme strategi hewan dalam mempertahankan diri.

MIKROBIOLOGI

Mikrobiologi adalah bidang yang sangat menarik dan terus menerus berkembang dalam ilmu biologi. Mikroorganisme ada dimana-mana dengan keanekaragaman jenis dan cara adaptasi yang berbeda. Mereka dapat hidup di kondisi yang sangat ekstrim  seperti gurun, laut bahkan kutub. Mikrobiologi memberikan kesempatan kepada kita untuk dapat meneliti tentang evolusi, berbagai penyakit bahan mekanisme yang terdapat di dalam sel makhluk hidup.

FARMAKOLOGI/TOKSIKOLOGI

Farmakologi adalah ilmu yang mempelajari bagaimana obat dapat mempengaruhi fisiologi hawan ataupun  manusia. Toksikologi juga sangat erat kaitannya dengan farmakologi karena mempelajari bahaya dari penggunaan bahan kimia, obat-obatan atau produk-produk alami. Kadang kadang penggunaan obat dengan dosis yang kurang tepat juga dapat membahayakan tubuh. Kearena sel sel tubuh merupakan pabrik biokimia dimana terjadi proses parallel di dalamnya, maka akan mudah sekali mendapatkan efek yang berbeda dari bahan yang masuk. Pada kenyataannya para ahli farmasi pernah mengatakan bahwa terlebih dulu ada efek yang kau ketahui, baru aka nada efek yang kamu tidak ketahui.

GENOM

Genom merupakan bidang biologi yang berhubungan dengan DNA skuensing yang dianalisis menggunakan komputer. Genom merupakan ilmu yang mempelajari tentang susunan dan fungsi gen dari sutau organism menggunakan teknik pemetaan, sequencing, analyzing dan modeling. Tujuan projek genom adalah untuk melihat gen sebagai susunan yang kompleks dan dinamis.  Tujuan projek ini adalah untuk menemukan cara baru untuk merancang diagnosis atau terapi terhadap suatu penyakit yang berhubungan dengan gen.

Sumber :
http://www.ispo.or.id/app/ina/pages/Biologi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar